Basirompak merupakan budaya nagari
Taeh Baruah dan Taeh Bukik yang disahkan masyarakatnya. Sirompak berasal dari
kata Rompak, yang berarti dobrak, rampok, rampas,atau mengambil secara paksa.
Basirompak adalah upaya memaksa bathin seseorang dengan bantuan kekuatan gaib
agar menuruti kemauan mereka yang merompak.Ini merupakan suatu bentuk upacara
ritual magis yang dilakukan oleh seorang pawang sirompak dengan tujuan
menaklukkan hati seorang perempuan yang telah menghina seorang laki-laki. Ritus
ini, dilakukan oleh seoran pawang (tukang sirompak) yang dibantu oleh seorang
peniup saluang sirompak dan seorang tukang soga.Pawang bertugas mendendangkan
mantra-mantra dan memainkan sebuah gasing (gasiang tangkurak).
Gasiang tengkorak terbuat dari
tulang dahi (kening) manusia pemberani yang mati terbunuh. Cara pengambilan
tengkorak itu dengan menggali kuburan mayat yang di makamkan lebih kurang
sebulan lamanya. Setelah tengkorak itu di temukan diikat tali kain kafan serta
benang tujuh ragam. Kemudian digantung pada tempat yang sakti dengan syarat
setiap malam kamis tengkorak itu diasapi dengan kemenyan. Pembakaran kemenyan
itu dilakukan selama tujuh malam.[1]
Persyaratan yang harus dipenuhi sebelum diadakan ritual tersebut yaitu:
Ø Kain
putih satu kabung
Ø Kain
hitam satu kabung
Ø Kain
merah satu meter
Ø Pisau
satu buah
Ø Benang
lima ragam
Ø Kemenyan
putih
Ø Ongkos
atau biaya pemain sirompak
Ø Persyaratan
lain seperti rambut wanita yang dituju satu helai, potongan kuku, dan sisa
makan atau rimah.
Kemudian
setelah semua persyaratan terpenuhi, maka acara pertunjukan saluang sirompak
akan dimulai. Si peniup saluang akan memainkan saluang sirompak, dan terlebih
dahulu membacakan pantun yang berisikan mantera-mantera yang kemudian
didendangkan. Pantun itu adalah sebagai berikut:
Anak
angin si rajo angin, diek ei........
Hinggok
di ateh kayu rimbo, diak ei........ei.......
Manolah
kau si rajo angin, manolah kau si rajo angin.......
Angkau
ka den suruah surayo, diek ei........
Mancari
si mambang putiah, diek ei.......
Duo
jo simambang hitam, tigo jo simambang sirah
Eten
di puncak gunuang bungsu.
Gasiang
den gasiang tangkurak, diek ei........
Nan
den bari bonag pincono, diek ei..........ei........ei.........
Nan
kok lalok baoklah tagak, nan kok lalok baoklah tagak bao kamuko badan ambo,
diek ei...........
Nan
den bolah-bolah lah rotan, diek ei......den bolah-bolah lah rotan
Nan
den bolah denai batujuah, diek ei........
Den
suruah surayo setan diek ei.......Den suruah surayo setan
Tolong
jago.........kan adiak den tidua.
Ula
gadang manggulapai diek ei.....
Nan
baranak sambilan ikua, diek ei.....ei.......
Manggolobanglah
kau lantai, Manggolobanglah kau lantai
Nan
satantang adiak den tidua, diek ei.......
Bukannyo
pimpiang di ateh bukik diek ei........
Layang-layang
lai di ateh limau diek ei..........
Bukannyo
kapindiang nan manggigik, Bukannyo kapindiang nan manggigik
Kasiah
jo sayang nan mainbau
Den
cancang-cancang palaph diek ei........
Namun
daunnyo den iro juo
Barang
siapo nan managah diek ei...........
Ambiak
kain turuikan juo, Ambiak kain turuikan juo diek ei..........[2]
Jelas terlihat bahwa, tujuan dari
saluang sirompak untuk mengikuti kehendak orang yang manyirompak. Dalam
pertunjukan saluang sirompak selain memainkan saluang, juga terdapat
unsur-unsur tariannya. Tarian dalam ritual tersebut tidak mementingkan
gerak-gerak yang indah, melainkan hanya gerakan yang sederhana. Gerakan yang
dilakukan yaitu :
Ø Gerak
tingkah laku orang gila
Ø Gerak
memanjat dinding
Ø Gerak
merompak jendela
Ø Gerak
berguling-guling
Ø Gerak
menghempaskan diri
Ø Gerak
menarik rambut
Gerakan
yang dibawakan oleh penari sirompak tersebut, akan dilakukan pula oleh orang
yang dituju dalam magic sirompak.
Seseorang yang terkena sirompak
tersebut tidak bisa untuk menyembuhkannya kembali saperti biasa, jadi seseorang
itu akan membawa penyakit tersebut sampai mati. Orang yang terkena sirompak itu
menjadi tidak waras, dan menghabiskan sisa hidupnya dengan mencari-cari orang
yang manyirompaknya, karena orang yang terkena sirompak hatinya sudah terpikat
kepada orang yang manyiropaknya.
Keterangan Narasumber:
Nama : Muktar
Jenis
kelamin : Laki-laki
Daerah
asal : Taeh baruah
Agama : Islam
Tgl
wawancara : 13 Oktober 2013
Usia : 65 tahun
Pekerjaan : Seniman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar